Sabtu, 30 November 2013

Hari akhir & Amanah

Suatu ketika Rasulullah Saw berdialog dengan salah satu sahabatnya, sahabatnya memulai dengan pertanyaan, "Ya Rasulullah kapankah hari akhir (kiamat) itu?", Rasulullah Saw menjawab : "Hari akhir akan datang ketika hilangnya sebuah Amanah".

Pertanyaannya, apakah makna sebuah amanah sehingga menjadikannya salah satu penyebab yang begitu besar bagi datangnya hari akhir?

Singkatnya, amanah merupakan sikap yang ada pada hamba Allah, yang senantiasa menempatkan sesuatu pada tempatnya, atau menjalankan kewajiban sebagaimana mestinya.

Sudah barang tentu jika sikap ini hilang, maka tanggung jawab yang di bebankan Allah Swt kepada hambanya akan tidak terlaksana atau tidak tertunaikan dengan baik.

Bagaimana jadinya seorang Ulama apabila tidak menyampaikan Ilmu Allah kepada umatnya?, bagaimana jadinya apabila Ulil amri (pemerintah) tidak menjalankan amanah yang menjadi tanggung jawabnya setelah bersumpah atas nama Allah dan Rasulnya?, bagaimana jadinya apabila pegawai yang tidak menunaikan tugasnya?, bagaimana jadinya apabila semua orang tua tidak mendidik anak-anaknya ke jalan Allah?, bagaimana jadinya apabila seorang penuntut ilmu tidak menggunakan waktunya dengan sebaik mungkin? dan banyak lagi pertanyaan yang belum tertuangkan. Apabila betul semua itu tidak terlaksana, maka semuanya akan menjadi hancur dan pola hidup pasti akan runyam, hak-hak di antara manusia tidak akan tersampaikan dengan adil, begitu juga tatanan kehidupan akan semrawut, dan semuanya itu akan menunggu waktu Binasanya. 


Ingatlah! Manusia diciptakan oleh Allah Swt untuk menjadi khalifah atau Pemimpin di muka bumi ini, itulah amanah yang terbesar bagi ummat manusia seluruhnya, yang akan di pertanggung jawabkan di hadapan Allah Swt di hari penghisaban kelak. Maka, Semua karunia Allah ini adalah Amanah yang harus terlaksana, tersampaikan dan terindahkan.

wallahu aalam bishawab.
Disadur dari Khotib jumah Masjid Asshohabah - 29 november 2013.

0 komentar:

Posting Komentar